Welcome to my blog
go to my homepage
Go to homepage

Sabtu, 15 Januari 2011

CARA MEMBUAT MANGA DENGAN MANGA STUDIO

Membuat Manga dengan Manga Studio


Manga (baca: mang-ga/man-ga), begitulah orang Jepang menyebut komik pertama kali. Kata "manga” digunakan pertama kali oleh seorang seniman bernama Hokusai. Kata manga biasanya ditulis dengan “katakana” karena berasal dari huruf Cina yang artinya gambar manusia untuk menceritakan sesuatu.
Perkembangan manga di Indonesia saat ini cukup luas bahkan kata "manga" sudah tidak asing untuk didengar.

Walaupun banyak yang berpendapat bahwa tidak bisa membuat gambar dimanga studio tapi bukan berarti kita tidak bisa membuatnya kan???
Dengan memanfaatkan tool's-tool's yang ada dimanga studio kita juga bisa membuat gambar di program ini. Dalam membuat gambar (misal: manusia) kita bisa menggunakan garis dan lingkaran. Bukankah gambar itu terbentuk dari berbagai garis??
Dengan sedikit kesabaran dan ketelitian kita dapat membuat sebuah gambar dimanga studio..
MEMBUAT GAMBAR

Dalam membuat gambar di manga studio perlu diketahui bahwa tidak semua garis dapat dibuat, jadi pintar-pintarlah dalam menggabungkan garis sehingga garis yang kita inginkan dapat kita buat.
Membuat gambar dimanga studio hanya mengunakan garis saja, dan lingkaran jika diperlukan (tetapi sangat jarang digunakan).
Garis yang terdapat diprogram ini ada 2 yaitu curve (garis melengkung) dan line (garis lurus), yang sering digunakan adalah garis melengkung/curve.
Jika ingin membuat garis yang ujungnya runcing tinggal memilih in/out pada [curve] tool option. “In” jika ingin meruncingkan garis pada ujung pertama membuat garis, dan “out” jika ingin meruncingkan garis pada ujung terakhir membuat garis.
Contoh: jika garis dibuat dari sebelah kiri dan berahir pada sebelah kanan
  • In (runcing pada bagian awal garis)

  • Out (runcing pada bagian akhir garis)

  • Runcing di kedua unjung garis
Jika garis ingin dibuat runcing di kedua ujungnya tinggal mengaktifkan in dan outnya saja.



Gambar yang dibuat di manga studio tidak berupa sketsa melainkan gambar langsung jadi. Karena memang program ini tidak digunakan untuk membuat gambar. Tetapi dengan memanfatkan tool’s-tool’s yang ada kita bisa membuat sebuah gambar.
Sebelum membuat gambar tentukanlah dahulu karakter yang ingin kita buat, tetapi untuk kali ini aku akan membuat karakter perempuan versi shoujo (komik perempuan). Karena ini tutorial jadi cuma separuh badan saja ya ku buatnya...
Kalau kalian bingung mau membuat karakter seperti apa, lebih baik mulailah dengan mencontoh gambar manga yang kalian suka tapi yang sederhana saja.

Untuk lebih mudah membuat gambar, aku membaginya dalam beberapa tahapan :
1. Membuat ukuran kepala sementara
Biasanya dalam membuat gambar diprogram ini, untuk pertama kali aku menentukan berapa besar kepala sementara karakter. Karena ukuran kepala adalah salah satu hal yang menentukan besar dari gambar yang akan kita buat. Membuat ukuran kepala sementara ini menggunakan ellips tool.
Ukuran kepala ini hanya sebagai patokan saja, nanti gambar ini akan dihapus.

2. Membuat Mata
Setelah membuat ukuran kepala selanjutnya adalah membuat mata. Mata juga menentukan ukuran dari besar kepala jadi pakai perkiraan saja sewaktu membuatnya... hehe
Membuat mata dengan membuat file baru jadi mudah untuk di edit nantinya.
Membuat mata dengan menggabungkan garis-garis melengkung yang disatukan menjadi sebuah gambar mata.
Gambar mata dibedakan menjadi 3 yaitu : mata atas, mata bawah dan bola mata. Semuanya dibuat pada file yang berbeda.
  • Mata atas

  • Mata bawah

  • Bola mata


Untuk mata yang satunya lagi cara pembuatannya sama saja seperti yang pertama tadi hanya saja ukuran matanya disesuaikan dengan pose kepala karakter yang dibuat. Sebagai contoh jika gambar dibuat dari samping mata maka salah satu ukuran matanya akan melebar kesamping.
Sebagai contoh :


Mata yang sebelah kanan berbeda dengan mata yang disebelah kiri. Tinggal ikuti saja proporsi tubuh manusianya .....



3. Membuat hidung
Membuat hidung sesuaikan dengan karakter manga yang akan kita buat. Karena ada berbagai jenis hidung, tinggal ditentukan saja kalian ingin membuatnya seperti apa...
Gambar hidung yang aku buat menggunakan garis melengkung, yang pada gambar garis bagian bawah diruncingkan.

4. Membuat bentuk wajah
Membuat bentuk wajah memang agak rumit, tetapi buatlah yang sesederhana mungkin.

Cara pertama



Cara kedua

Kalau ada proporsi penempatannya yang kurang pas (kurang lebar atau kelebaran) kalian tinggal mengeditnya saja.

5. Membuat rambut
Kalau soal membuat rambut memang gampang-gampang susah tergantung dari model yang kalian pilih. Tapi sebagai saran buatlah yang mudah dulu baru yang sulit. Tapi jika kalian kreatif dan lebih sabar dalam membuatnya maka hasilnya juga akan lebih bagus pula ^^
Membuat gambar rambut lebih baik dikedua bagian ujungnya diruncingkan.




6. Membuat mulut
Walupun sederhana, membuat bentuk mulut memang agak sulit. Sebenarnya aku sendiri juga suka kesulitan membuatnya...hehe. Yah pokoknya buat saja sesuai keinginan kalian, dan harus sesuai ya dengan mimik karakter yang kalian buat.



MEMBUAT BADAN
  1. Membuat leher
Membuat leher caranya mudah, tapi tempatkanlah gambar leher itu pada posisi yang pas dan ukuran yang tepat sehingga gambar tidak terlihat janggal.



2. Membuat baju
Sebelum membuat baju sebaiknya difikir-fikir dahulu secara matang, sehingga kita tdak kesulitan ketika membuatnya. Buatlah baju yang sederhana dan tidak terlalu rumit serta perhatikan lipatan bajunya sehingga gambar yang dihasilkan bisa terlihat hidup. Gambar baju dibuat dengan memadukan garis melengkung/curve dan garis lurus/line sesuai dengan keratifitas kalian.

Kalau membuat gambar butlah garis dengan ukuran tebal dan tipis yang berbeda, jadi gambar tidak berkesan monoton dan bisa terlihat hidup dan menarik.

Jika kalian sudah membaca tutorial menggambar ini kalian pasti berpendapat ”ribet ya!!?”...
Yup memang benar, ini memang caranya ribet tapi ini semua terjadi karena dirumah aku tidak punya scanner. Ada sih yang menjual jasa scanner biasanya ditempat rental komputer atau tukang fotocopy tapi aku bukan orang yang rapih dalam hal menggambar. Kadang aku suka tidak suka sendiri dengan gambar manual yang ku buat (karena banyak coret-coretan atau kertasnya suka terlipat/lecek sewaktu menghapus) bahkan gambar yang sudah susah payah ku buat biasanya sering ku buang...hehe
Aku lebih suka gambar yang langsung jadi, tidak perlu repot-repot membeli peralatan gambar yang harganya mahal-mahal itu (mending uangnya buat beli komik.). Makanya aku menggunakan program manga studio ini.....
Perlu kalian ketahui bahwa program manga studio mamang tidak digunakan untuk membuat gambar. Tutorial membuat gambar ini hanya buatan ku saja dengan memanfaatkan tool’s-tool’s yang ada.
Jadi kalau membuat gambar jangan patah semangat ya karena harga peralatannya sampai selangit tapi bersemangatlah dengan memanfaatkan media yang ada disekeliling kita, kita juga bisa kok membuat gambar. Bukankah ada pepatah yang bilang bahwa ”ada banyak jalan menuju Roma”.... Berarti ada banyak cara pula membuat gambar, tinggal sampai sejauh mana kreatifitas kita bisa kita gunakan ^^
Tutorial membuat gambar di program manga studio selesai.....


MEMBERI SCREEN TONE

Setelah membuat gambar langkah selanjutnya adalah memberi screen tone pada gambar. Screen tone biasa digunakan dalam sebuah gambar manga...
Untuk tutorial memakai screen tone aku juga sebenarnya masih kurang mengerti, maklum kekurangan informasi (hoho).. Apalagi mencari informasi di internet juga jarang... Tetapi kalau secara umum aku bisa memberitahukan kepada kalian.

Pilihan screen tone yang terdapat di program manga studio ada banyak pilihan, tapi sesuiakanlah dengan gambar yang kalian buat. Biasanya yang paling sering digunakan adalah tone dot.
Tone dot juga terbagi atas 2 pilihan yaitu tone dot yang biasa dan tone dot gradation. Kalian bisa melihatnya sendiri pada program ini...

Sebelum memberi screen tone gambar harus diseleksi terlebih dahulu dengan menggunakan polyline marquee, memang agak ribet tapi dicoba saja dulu ya... ^^
Setelah seluruh bagian gambar yang ingin kita beri screen tone diseleksi pilihlah screen tone yang cocok dengan kebutuhan. Misalnya untuk bagian rambut bisa menggunakan tipe screen tone dot (biasa) atau dot gradation, maka hasilnya bisa berbeda lho... Ukuran screen tone juga berpengaruh pada gambarnya. Jadi pilihlah yang sekiranya sesuai dengan gambar yang kalian buat.
Contoh :
  • Screen tone dot tipe 30L 15%

  • Screen tone dot tipe 15L 30%

  • Screen tone dot gradation tipe Dot 42.5L 20cm

Setelah pasti memberi screen tone pada gambar klik kanan pada layer screen tone nya dan pilih change layer type.
Setelah memilih tone dasar seperti yang dijelaskan diatas, pilih lagi tone yang sama tetapi lebih tebal, misal ketebalannya naik 10-20%. Dan ditaruh sesuai dengan datangnya arah cahaya yang ingin kita berikan… Dapat juga menggunakan tone lain sebagai bayangan misal tone gray.
Kemudian buatlah sebuah bayangan putih yang terdapat dikepala seperti pada gambar diatas dengan menggunakan polyline marquee tool dan di cut pada screen tone rambutnya. Cara yang sama juga bisa digunakan pada screen tone mata tetapi untuk lebih bagusnya sebaiknya buatlah pemberian screen tone pada mata dengan kreasi kalian sendiri.
Cara memberi screen tone pada baju sama dengan memberi screen tone pada rambut. Tetapi perhatikan dalam memberi bayangan pada kerutan-kerutan baju di gambar yang kalian buat.
Hasilnya adalah sebagai berikut :


Versi JPG
Jika ingin memberikan tambahan berupa hiasan screen tone yang lain, kalian bisa menambahkannya sendiri dan membuatnya dengan berbagai screen tone yang ada di manga studio.
Tutorial memberi screen tone pada gambar selesai……..

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger